Penipuan di Cryptocurrency

Berawal dari kematian misterius Founder Bitcoin Crypto exchange di Canada QuadigraCX, yaitu Gerry Cotten yang menghilangkan $190 juta uang traders yang hilang misterius. Para traders yang sakit hati ini dan kehilangan kekayaannya menyelidiki dan sampai hingga membuat teori konspirasi bahwa Gerry Cotten masih hidup dan memiliki identitas lain di 20 negara. Tapi pada akhirnya teka-teki ini menggantung dengan jawaban yang tidak memuaskan. Uang sebanyak $190 juta yang dicuri Gerry Cotten dari para tradersnya digunakannya untuk gambling dan hilang begitu saja.

Film ini mencerminkan fenomena akut kapitalisme. Sebuah mimpi utopis untuk bisa kaya dengan cepat dengan cryptocurrency.

Walaupun bukan salah investasi ke Bitcoinnya, saya percaya Bitcoin bisa menggantikan fiat currency di masa depan karena terdesentralisasi dan tanpa ada campur tangan bank sentral yang memonopoli dan juga menggunakan Proof of Work dimana node bersaing untuk mendapatkan kesempatan untuk memverifikasi data dengan mencoba memecahkan teka-teki matematika yang kompleks. Keuntungan PoW keamanan dan terpercaya.

Ketamakan dan Kerakusan

the magic tricks are always very simple, once you know how the trick is done, it’s like, oh that’s it? — Trust no one, The hunt for the crypto king.

Apa yang diharapkan ketika semua orang ingin cepat kaya dan berada dalam ketamakan? semua uangnya hilang. untuk skema ponzi yang sia-sia.

Semua berawal dari manipulasi psikologis yang digunakan oleh para penipu ini. Mereka menggunakan otoritas dan karisma nya untuk menarik kepercayaan banyak orang. Gerry Cotten adalah seolah nerd yang sangat passionate tentang Bitcoin dan Cryptocurrency. Ia membangun komunitas Bitcoin dan aktif mengadvokasi Bitcoin di komunitasnya. Otomatis banyak orang yang percaya dan mau menaruh uangnya di QuadigraCX. Apalagi saat itu adalah awal-awal booming Bitcoin, orang berbondong-bondong untuk mencoba mencari peruntungan di mata uang crypto ini dan saat lagi booming-boomingnya banyak orang saat itu menjadi jutawan, bergelimang harta dalam semalam karena Bitcoin.

Skema Ponzi

Skema Ponzi hancur dengan menggerogoti dirinya sendiri ketika tidak ada lagi user baru yang masuk dan bertransaksi. Cara Gerry Cotten untuk memberikan withdrawal kepada tradersnya adalah dengan memindahkan uang traders lain ke rekening traders yang akan withdrawal. Hal ini berlanjut terus hingga suatu saat ketika Bitcoin crash tahun 2017, saat itu adalah akhir dari riwayat QuadigraCX.

Ada apa dengan Crypto Exchange?

Sejak 2011, lebih dari $ 1,65 miliar aset crypto telah dicuri, dan jumlahnya semakin besar setiap tahun. Menurut Hackernoon, itu berarti kerugian $ 12,6 miliar yang mengejutkan ketika nilainya disesuaikan dengan inflasi.

Selain peretasan, masalah mungkin muncul dari dalam perusahaan exchange itu sendiri seperti QuadrigaCX dan Mt. Gox yang terkenal, yang pendirinya tidak menyadari peretasan berkelanjutan yang berlangsung selama lebih dari dua tahun sementara pertukaran kehilangan 650.000 BTC.

Baru-baru ini masalah di cyrpto exchange juga terjadi seperti di Celsius menghentikan penarikan karena menghadapi masalah keuangan. Binance, pertukaran mata uang kripto, menghentikan penarikan Bitcoin selama beberapa jam pada hari Senin bulan Juni.

Intinya tidak ada yang 100% aman jika menyimpan crypto asset di exchange wallet, gunakan wallet crypto pribadi karena memungkinkan kontrol penuh atas kunci pribadi kita.

Kesimpulannya: pendekatan spiritualitas dalam melihat uang.

Masing-masing dari kita mengalami permasalahan dilematis antara uang, kekayaan dan obsesi material atau panggilan jiwa sejati kita. Selama ini kita hidup dalam standard masyarakat yang melihat uang sebagai suatu hal yang “langka” dan menjadi tujuan “utama” untuk meraih kebahagiaan. Ketika kita justru terkoneksi penuh dengan jiwa kita, kita bertindak dengan integritas. Kita menjadi bijaksana dan murah hati, berani, bersyukur, dan berkomitmen, vulnerable dan hati kita penuh tanpa ada rasa kekurangan untuk harus mengejar sesuatu di depan kita. Kita hidup dalam ketenangan hati bukan ketakutan agar bisa bertahan hidup. Kita dapat dipercaya dan mempercayai orang lain. Kita merasa damai dalam diri kita sendiri dan yakin bahwa kita adalah bagian integral dari pengalaman yang lebih besar dan lebih universal, sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri dan jauh lebih besar dari obsesi kita terhadap kekayaan material.

Intinya semua berasal dari kesadaran dan intensi yang baik. Jika intensi yang berasal dari rasa kekurangan dan untuk terancam karena harus bertahan hidup dan kerakusan untuk mengakumulasi kekayaan hanya untuk mengakumulasi itu sendiri tanpa memberi, kita akan berada dalam keputusan finansial yang hanya memuaskan nafsu kita sesaat dan jangka pendek.

Jika kita penuh dengan diri sendiri, kebahagiaan material itu hanya sebagai support untuk kita bisa berkarya lebih, menukarkan waktu kita yang berharga untuk melakukan lebih banyak hal yang sesuai dengan panggilan jiwa kita.

--

--

Life is more than just the economy or society. It is about individually and collectively moving towards bliss.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Expansionofthemind

Life is more than just the economy or society. It is about individually and collectively moving towards bliss.